Blogwalking, ajang silaturahmi dunia maya

18 Dec 2008

walking.jpgSeberapa sering anda melakukan blog-walking ke segala penjuru blogsphere yang berserakan di dunia maya ini dalam sehari ? Apakah ke 10 alamat blog ? 50 ? 100 ? ataukah ke 1000 alamat atau lebih dalam kurun waktu sehari ?

Blogwalking atau yang biasa disebut dengan jalan-jalan dari blog satu ke blog lainnya, dan tidak lupa meninggalkan ‘jejak’ berupa tulisan di komentar maupun di shoutbox pemilik blog. Hal ini pada dasarnya bermula dari sifat alamiah manusia, sebagai makhluk sosial, dimana dia membutuhkan interaksi dengan sesamanya untuk memenuhi kehausannya akan pertemanan.

Jikalau di dunia nyata, kadang-kadang kita suka bermain ataupun bersilaturahmi ke rumah teman, padahal sesampai di rumah teman hanya untuk bercerita, bercengkerama ataupun hanya sekedar say hello, kemudian berkunjung ke teman yang lainnya, maka blogwalking disini bisa disama artikan dengan kejadian di dunia nyata tadi, tapi disini medianya adalah dunia maya, alias internet. Kita berkunjung dari satu blog (website) ke blog (website) lainnya, secara rutin dan kontinyu setiap harinya / minggu / bulannya. Layaknya kita anjang sana-anjang sini ke teman ataupun sanak-saudara. Kalo dalam istilah orang jawa : “Nglumpukno balung sing pisah” (mengumpulkan tulang-tulang yang terpisah / berserakan).

Keuntungan-keuntungan dari ber-blogwalking ke teman ataupun ke alamat blog ‘misterius’ antara lain :

  1. Menambah link pertemanan (networking), banyak teman banyak rejeki konon ceritanya
  2. Menambah ilmu pengetahuan dan informasi, tulislah ilmu pengetahuan walau cuma satu ayat
  3. Menambah perbendaharaan sastra, mulai dari cara penulisan sebuah kejadian, hingga cara menampilkan kenarsisan diri tanpa terkesan norak
  4. Meningkatkan rating blog kita di ‘mata google / search engine lainnya’, rata-rata para pemilik blog yang mendapatkan komentar dari kita, akan melakukan kunjungan balik ke blog / website kita
  5. Mempromosikan potensi dan kemampuan bersosialisasi yang kita miliki terhadap lingkungan sekitar (orang asing)

Dan masih banyak lagi keuntungan dan kelebihan dari ber-blogwalking ke sana-sini.

Trus bagaimana tips untuk memulai blogwalking ? seandainya kita baru saja membuat / mempunyai blog ? Berikut ini tips jitu untuk memulai blogwalking dan mendapatkan teman secara instan, syukur-syukur bisa menjadi seleb-blog dadakan :

  1. Kunjungi salah satu blog teman yang Anda kenal, beri komentar di blog itu pada postingan terakhir ataupun postingan yang menarik buat Anda. Bisa juga dengan menggunakan fasilitas shoutbox andaikan ada. Anda tidak punya teman yang mempunyai blog ? Jangan berkecil hati, kunjungi blog-operator yang bertebaran di dunia maya ini, dan lihat postingan terbaru yang ada di halaman depan blog-operator tersebut, dan anggap dia sebagai ‘teman baru’ Anda.
  2. Lihat website / blog dari para pemberi komentar (pengirim shoutbox) sebelumnya, yang rata-rata dicantumkan di bagian nama pengirim komentar, kunjungilah masing-masing blog mereka.
    Ngga kenal dengan mereka ?
    so what gitu loh … SKSD (sok kenal, sok dekat) aja, langsung aja beri komentar di postingan pertama / yang menarik di website mereka, ataupun tinggalkan shoutbox yang menandakan Anda pernah mampir kesitu
  3. Ulangi langkah nomor #2 diatas terhadap para pemberi komentar yang ada di blog yang kita kunjungi barusan tadi
  4. Ulangi lagi langkah nomor #3, hingga akhirnya anda telah melakukan blogwalking, alias jalan-jalan dan meninggalkan jejak berupa komentar / shoutbox di berbagai macam blog / website yang ada. Cukup gampang bukan ? ;)
  5. Apabila tertarik terhadap satu blog ataupun website, jangan malu-malu untuk menambahkan kedalam blogroll di blog kita masing-masing, hal ini semacam bookmark teman, dan otomatis ‘teman baru’ Anda pun bertambah dengan sendirinya
  6. Ulangi lagi langkah nomor #1 untuk keesok harinya, dan esok harinya lagi. Saat ini ‘teman baru’ Anda pasti akan terus bertambah dan bertambah lagi.

Satu lagi catatan penting disaat kita ber-blogwalking, hindari untuk memberikan komentar tabu yang pada intinya meminta pemilik blog tersebut untuk melakukan kunjungan balik ke blog kita. Hal tersebut malah akan menurunkan citra / kredibilitas kita dimata pemilik blog yang kita kunjungi.

Tanpa perlu kita meminta kunjungan balik dari pemilik blog, hal tersebut suatu saat nanti pasti akan dilakukan oleh pemilik blog tersebut ataupun oleh para teman-teman pemilik blog itu yang membaca komentar Anda. Maka dari itu, berilah komentar yang unik, berkarakter, dan tidak hanya sekedar komentar basa-basi belaka. Niscaya blog Anda pun akan mendapat kunjungan dari ‘teman tak terduga’ sebelumnya. ;)

Sudahkah Anda melakukan blogwalking hari ini ?

Picture tribute to http://www.mazatlan.com.mx/Photos/walking.jpg


TAGS blogwalking persahabatan silaturahmi


-

Author

Search

Recent Post