Pahlawan itu …

10 Nov 2008

flag.jpgHari ini, seluruh umat Indonesia merayakan peringatan Hari Pahlawan, yang konon berdasarkan sikap heroisme arek-arek Suroboyo didalam memberantas para ‘pengganggu’ yang pada waktu itu telah ‘menginjak-injak’ harga diri mereka.

Kalaulah kita tarik kembali hal tersebut terhadap sikap dasar manusia, dimana akan mempertahankan diri mereka (survive) ketika ada gangguan dari luar dirinya, maka sikap heroisme para arek-arek suroboyo kala itu boleh dibilang sebagai salah satu bentuk sikap survive tersebut.

Sama halnya yang terjadi pada seekor kucing yang akan mati-matian mempertahankan daerah otoritinya, yang telah ditandai dengan air kencing setiap harinya, dari gangguan kucing lain yang entah sengaja ataupun tidak melakukannya.

Hal yang sama pun terjadi pada kaum singa, yang mempunyai julukan si Raja Hutan yang akan berjuang mempertahankan daerah kekuasaannya di dalam hutan rimba, baik dari gangguan para pengacau yang berasal dari hewan-hewan lainnya, ataupun dari sesama jenisnya yang ingin memperluas daerah kekuasaannya.

Apapun bentuk sikap survive yang ada didalam kehidupan ini, semua makhluk hidup pasti akan melakukannya. Termasuk dalam hal tetap survive dengan cara ber-reproduksi alias mempunyai anak / keturunan.

Selamat Hari Pahlawan !

Picture tribute to : http://indonesia.embassy.uz/images/flag.jpg


TAGS


-

Author

Search

Recent Post