Boyongan

20 Oct 2008

dsc01075.JPGUdah seminggu ini aku lakukan boyongan data dari laptop lamaku ke laptop baru pinjeman dari pabrik. Proses installasi OS nya sih cuma beberapa jam saja (tepatnya sih sekitar 45 menit saja), yang kali ini aku coba untuk isi dengan ubuntu dibandingkan dengan fedora yang telah menghuni lebih dari 2 tahun di travelmate-ku. Ini juga hasil dari racun yang diberikan oleh akangaziz kepadaku beberapa saat sebelum aku melakukan pilihan antara ubuntu, kubuntu atau fedora. :D

Dan memang benar, begitu proses installasi selesai, secara teknis laptop yang sebelumnya masih bersistemkan Windows XP standard abis belum ada program apa-apanya, telah berubah menjadi sebuah ’senjata’ yang siap tempur yang telah lengkap dengan berbagai kebutuhan ’standard’ yang biasa aku pergunakan.

Sebutlah pidgin yang biasa aku gunakan untuk tetap terhubung dengan dunia luar sana, firefox yang telah manjur untuk browsing mencari ilmu dan inspirasi, openoffice untuk membuat dokumentasi ataupun mengolah file-file presentasi, dan tak lupa juga terminal yang powerfull untuk melakukan remote ke server-server yang ada melalui saluran ssh, begitu juga Wifi untuk terhubung ke hotspot kantor pun langsung terdeteksi dengan default.

Hal diatas sangat berbeda sekali dengan yang aku alami ketika menggunakan fedora 8 (werewolf) di travelmate-ku. Dimana diperlukan sedikit tricky dan setting disana-sini untuk bisa siap sedia untuk tempur di medan laga. (no offense buat fedora-lover yah .. i’m still a fedora lover too .. )

Beberapa aplikasi yang aku add-ons ke ubuntu supaya lebih user-friendly buat aku antara lain :

  1. konsole => untuk menggantikan terminal
  2. konqueror => untuk menggantikan nautilus
  3. thunderbird => untuk menggantikan evolution
  4. kde-svn => untuk update svn lokal
  5. akregator => untuk membaca RSS feeder yang segambreng
  6. kate => untuk menggantikan gedit
  7. k3b => untuk nge-burn CD / DVD
  8. vlc => untuk player video
  9. amarok => untuk player audio

Welcome to new-era for me, ubuntu era, Humanity to others. hehehe … ;)


TAGS


-

Author

Search

Recent Post