Tips memilih dan membeli kamera digital

23 Sep 2008

casio-exilim-zoom-ex-z9-compact-digital-camera.jpgBegitu banyak dan ragam kamera-kamera digital yang beredar saat ini. Mulai dari kamera digital pocket yang seharga 1 juta-an saja, hingga kamera DSLR yang berhaga puluhan juta rupiah pun ada tinggal di pilih sesuai dengan selera, kebutuhan dan tentu saja budget yang ada. Dan jangan lupa, kamera digital terbaik milik rekan anda belum pasti sama dengan pilihan terbaik anda.

Pertama-tama yang perlu dijawab adalah digunakan untuk apa membeli kamera digital tersebut ? Apakah untuk mengambil foto keluarga saat liburan ? ataukah Anda merencanakan untuk menjadi tukang foto profesional ? Jawaban diatas akan sangat menolong anda untuk mempersempit kriteria pilihan anda.

Berikut ini tips-tips yang berhasil aku himpun dari berbagai website yang memberikan kepada kita semua tips dan trick didalam memilih dan membeli kamera digital idam-idaman.

  1. Belilah produk bermutu.
    Sebaiknya anda membeli produk kamera digital yang bermutu atau berkualitas, baik fitur, desain ataupun hasil foto kamera digital itu sendiri, banyak sekali kamera digital yang harganya sangat murah tetapi sebaiknya anda berfikir dua kali apabila ingin membelinya karena apabila produk tersebut tidak seperti yang anda harapkan terutama hasil foto dari kamera digital tersebut nantinya akan sangat mengecewakan anda.
  2. Sesuai dengan anggaran / budget
    Belilah kamera digital sesuai dengan budget yang anda miliki, ini merupakan salah satu tips yang manjur agar anda tidak dipusingkan atau dibuat bingung oleh beragam tipe, jenis dan merk kamera digital yang ditawarkan.
  3. Mencoba kamera digital yang akan dibeli
    Usahakan agar Anda dapat mencoba kamera digital yang hendak anda beli, kunjungi konter kamera digital dan anda dapat menggunakan unit DEMO, cobalah fitur, fasilitas dan jangan lupa untuk melihat kualitas hasil foto kamera digital tersebut.
  4. Belilah kamera digital bergaransi resmi
    Sebaiknya anda membeli kamera digital yang bergaransi resmi, sekarang banyak sekali produk kamera digital yang tidak bergaransi resmi atau hanya sekedar garansi toko saja. Parahnya lagi banyak juga yang tidak disertai garansi, akibatnya apabila kamera tersebut mengalami kerusakan customer tidak dapat meng-klaim perbaikan dan penggantian suku cadang secara gratis di tahun pertama dan kedua berlakunya masa garansi.

Telah banyak sekali kamera digital yang beredar di pasar, berbagai merk, tipe dan jenis, dari beragamnya pilihan kamera digital tersebut biasanya akan membuat konsumen bingung dalam memilih produk apa dan bagaimana yang akan ia gunakan. Sebaiknya anda merencanakan pilihan terlebih dahulu apabila ingin membeli kamera digital dengan mengkategorikan pilihan sebagai berikut.

  1. Sesuaikan pilihan dengan kebutuhan anda
    Pilihlah kamera digital yang sesuai dengan kebutuhan anda, apakah akan digunakan untuk keperluan keluarga, hobi, studi atau profesi. NIKON dan CANON sebagai merk terkemuka kamera digital menciptakan beberapa tipe kamera digital al ; -Tipe kamera saku digital yang diminati oleh keluarga, pehobi maupun pelajar tipe kamera ini simpel, praktis, ringan, kompak tetapi tetap memiliki fitur yang menyenangkan dan kualitas gambar yang sangat baik.
    -Bagi para fotografer pemula, amatir dan profesional dapat menggunakan tipe kamera Digital SLR, kehandalan dan kemampuan kamera ini tidak diragukan lagi untuk foto produk, olahraga, model, dokumentasi, liputan dll.
  2. Ketahui spesifikasi, fitur dan disain
    Sebaiknya anda mengetahui spesifikasi kamera digital yang akan anda beli, spesifikasi ini bisa anda dapatkan dari iklan media cetak, brosur atau customer service staff, bertanyalah mengenai fitur kamera dan juga mengenai desain kamera digital itu sendiri, karena kesemua informasi tersebut akan bermanfaat untuk memilih tipe dan jenis kamera digital yang anda butuhkan.
  3. Tentukan pilihan merk kamera digital
    Sebaiknya anda memilih merk produk yang dapat memberikan “support” terhadap konsumen seperti antra lain; training penggunaan kamera digital apabila konsumen belum dapat menggunakan kamera tersebut, update software, upgrade fimware dan mengatasi trouble shooting dsb.
  4. Lensa dan aksesoris
    Buat Anda yang berencana membeli kamera SLR, pertimbangkan juga ketersediaan aksesoris dan lensa-lensa tambahan lainnya. Semakin mudah kita mendapatkannya diberbagai tempat, akan mempermudah kita didalam mengupgrade maupun menambah pernak-pernik aksesoris kedalam kamera SLR kita. Pertimbangkan pula aksesoris pihak ketiga juga mendukungnya, sehingga semakin banyak pula pilihan yang akan kita dapatkan nantinya.

Selamat berburu kamera digital idaman ya … ;)

source : Nikon website
picture tribute to : http://nexus404.com/Blog/wp-content/uploads2/2008/03/casio-exilim-zoom-ex-z9-compact-digital-camera.jpg


TAGS


-

Author

Search

Recent Post