Ukuran sensor pada kamera digital

19 Sep 2008

tut_digital_sensor-sizes.pngApa sebab kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera digital poket tidak akan lebih bagus jika dibandingkan dengan kamera digital SLR, apalagi jika dibandingkan langsung dengan kamera film konvensional yang menggunakan film berukuran 35 mm ?
Dalam kasus ini object yang difoto adalah sama, dari posisi yang sama, oleh orang yang sama dan pada kondisi yang sama (yang membedakan hanyalah jenis kamera yang digunakan).

Itu semua dikarenakan perbedaan ukuran sensor yang digunakan sebagai ‘pelukis cahaya’ di kamera digital berbeda ukurannya, baik untuk kamera digital poket biasa, kamera digital prosumer, ataupun kamera DSLR. Sedangkan untuk kamera berbasiskan film 35 mm, kualitas fotonya salah satunya dipengaruhi oleh kualitas lensanya.

Semakin lebar ukuran sensor dari kamera digital tersebut, maka semakin bagus kualitas yang akan dihasilkannya, terutama didalam hal ketajaman serta kedalaman dari ‘gambar 2 dimensi’ yang dihasilkannya.

Coba perhatikan bagan perbandingan ukuran sensor kamera digital yang ada dipasaran saat ini diatas. Disitu kita bisa perhatikan ukuran masing-masing sensor yang ada di pasaran pada saat ini jika dibandingkan secara langsung dengan ukuran film 35mm yang ada di kamera konvensional. Berikut ini penjelasannya :

  1. Frame warna putih
    adalah ukuran sensor full frame, biasanya ada pada DSLR profesional kelas wahid
    Contoh : Canon 1Ds/1DsMkII/5D dan Kodak DCS 14n.
  2. Frame warna biru muda
    adalah ukuran sensor yang mempunyai faktor cropping 1,5 x, biasanya digunakan pada produk DSLR Nikon
    Contoh : Nikon D100, Nikon D70
  3. Frame warna merah
    adalah ukuran sensor yang mempunyai faktor cropping 1,6 x, biasanya digunakan pada produk DSLR Canon
    Contoh : Canon 300D/350D/10D/20D/1000D
  4. Frame warna hijau
    adalah ukuran sensor yang mempunyai faktor cropping 2 x, biasanya digunakan pada produk Fuji & Kodak
    Contoh : Fuji Finepix S100FS
  5. Frame warna cyan, ungu dan kuning
    adalah ukuran sensor 2/3″ - 1/3″, biasanya digunakan pada kamera digital poket dan handphone berkamera.

Nah setelah kita tahu ukuran-ukuran sensor dari masing-masing kamera digital yang ada dipasaran saat ini, maka tidaklah heran kenapa harga dari Canon 1Ds itu jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan Canon 300D, begitu juga dengan harga kamera digital poket bisa ditekan harganya sedemikian rupa sehingga terjangkau oleh masyarakat, karena semakin kecil sensor yang dibutuhkan, maka semakin murah biaya produksinya. ;)

Untuk kualitas gambar yang dihasilkan (kedalaman, ketajaman, saturasi, dll) oleh kamera digital, sudah jelas dan pasti yang mempunyai sensor lebih besar lah yang akan lebih baik jika dibandingkan dengan yang mempunyai sensor lebih kecil. Dalam kasus ini object yang difoto adalah sama, dari posisi yang sama, oleh orang yang sama dan pada kondisi yang sama (yang membedakan hanyalah jenis kamera yang digunakan).

Itulah sebabnya kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera DSLR itu dijamin lebih maknyus jika dibandingkan dengan kamera digital poket point and shot ataupun kamera yang ada di HP. Harga memang tidak menipu dah … ;)

Sampai jumpa lagi di artikel yang lainnya, semoga bermanfaat buat kita semuanya. ;)

PS. Apabila ada yang salah ataupun keliru didalam tulisan diatas, mohon untuk dikoreksi. Maklum masih juga baru belajar motrek .. hehehe :D

Picture tribute to : http://www.cambridgeincolour.com/tutorials/graphics/tut_digital_sensor-sizes.png
Artikel diatas merupakan terjemahan bebas dari sini.


TAGS


-

Author

Search

Recent Post