BBM melambung tinggi

15 May 2008

bbm1.jpgRencana pemerintah untuk menaikkan tarip bahan bakar minyak (BBM) dalam waktu dekat ini, cukup mempunyai efek domino yang amat luas didalam kehidupan masyarakat luas. Mulai dari organda yang juga berancang-ancang untuk segera menaikkan tarif angkot, metromini, buskota, dll. Tak ketinggalan juga para penjual sembilan bahan pokok (sembako) pun mulai berancang-ancang menaikkan harga-harga yang hampir tiap tahun menjelang lebaran / tahun baru-pun juga telah mengalami kenaikan tanpa mengalami penurunan.

Kita sebagai konsumen, sebagai pengguna akhir, sudah selayaknya untuk bersikap hemat guna menghadapi hal ini. Karena bagaimanapun juga, bergaya hidup hemat itu lebih mulia daripada bergaya hidup boros.

Berikut ini ada beberapa tips untuk penghematan bbm yang aku ambil dari sana, khususnya untuk kendaraan roda empat. Tapi tidak menutup kemungkinan tips-tips dibawah ini diterapkan untuk kendaraan roda dua ataupun kendaraan / alat bermotor lainnya yang menggunakan berbagai macam hasil konversi dari minyak bumi sebagai bahan bakarnya.

Jangan memanaskan mesin terlalu lama. Memanaskan mesin mobil, sebenarnya hanya membutuhkan waktu 3 menit saja. Atau, ketika jarum penunjuk suhu mesin sudah mulai bergerak. Itu berarti Anda sudah bisa menggunakan mobil.

Jika Anda ingin melajukan mobil lebih cepat, setelah pedal gas ditekan sedikit, langsung saja pindahkan gigi ke posisi yang lebih tinggi. Jangan tunggu sampai putaran mesin naik.

Jika Anda terpaksa menekan pedal gas cukup dalam, usahakan tidak lebih dari 80%. Manfaatkan gaya dorong mobil untuk melakukan percepatan saat Anda ingin melajukan mobil lebih cepat;

Gunakan gigi yang paling tinggi ketika Anda sedang melaju cepat di jalan tol. Dengan begitu, putaran mesin pun akan tetap rendah, dan pemakaian bahan bakar pun bisa lebih dihemat;

Jika Anda sedang melaju di jalur yang cukup lowong, misalnya di jalan tol, usahakan kecepatan mobil berada di sekitar 70 km/jam. Ini adalah kecepatan yang paling pas dan terhitung ekonomis. Jika Anda melebihi kecepatan tersebut, putaran mesin akan meninggi, dan konsumsi bahan bakar akan semakin boros;

Sebisa mungkin, lajukanlah mobil dengan kecepatan konstan. Jangan terlalu sering menekan pedal gas dan melakukan pengereman secara tiba-tiba;

Saat memperlambat atau menghentikan laju kendaraan, manfaatkanlah pengurangan kecepatan dengan mesin (engine brake). Angkat pedal perlahan, dan putaran mesin pun akan ikut berkurang.

Penggunaan onderdil asli dan perawatan secara rutin juga merupakan cara terbaik dalam menghemat pemakaian bahan bakar. Onderdil asli yang dikeluarkan oleh produsen sebuah kendaraan sudah memiliki perhitungan yang sangat tepat. Untuk itu, jangan sekali-kali coba memakai onderdil palsu. Bisa jadi, mesin mobil Anda pun akan cepat aus dan pemborosan bahan bakar pun tak terhindarkan.

Semoga saja tips-tips diatas bisa berguna buat kita, terutama dengan efek domino dari penerapan tips bergaya hidup hemat diatas terhadap kehidupan kita sehari-hari, maka akan mempunyai imbas yang lebih besar dan nyata terhadap program penghematan BBM serta pengurangan efek global warming terhadap kehidupan di muka bumi ini.

Mari kita bertindak bersama-sama, demi kebaikan kita semua. ;)

Picture tributeto:http://amirmahmuds.files.wordpress.com/2008/02/bbm1.jpg


TAGS bbm hemat tips


-

Author

Search

Recent Post