Reduce, Reuse, Recycle

8 Apr 2008

earth_for_ess.jpgAkhir-akhir ini sedang gencar-gencarnya kampanye 3R, yaitu “Reduce, Reuse, Recycle” di dengung2kan di radio GenFM yang selalu setia menemaniku dari pagi sampai sore hari. Kampanye diatas ini untuk menghadapi isu global warming, kelangkaan BBM, listrik, sembako, dan krisis-krisis lainnya yang terjadi di bumi yang semakin tua ini.

Kampanye inipun didengungkan juga oleh berbagai macam institusi dan lembaga-lembaga diluar negeri sana, dengan jargon 3R juga, yaitu :

Reduce the amount and toxicity of trash you discard.
Reuse containers and products; repair what is broken or give it to someone who can repair it.
Recycle as much as possible, which includes buying products with recycled content.

Berikut ini contoh-contoh dari implementasi yang bisa kita lakukan sehari-hari. Mungkin hal-hal ini adalah kegiatan sepele yang tidak pernah kita perhatikan, ataupun kita sepelekan, tapi efek dan imbas dominonya bakalan terasa ke seluruh jagat raya yang bernama bumi ini.

REDUCE

  1. Gunakanlah selalu barang-barang yang mempunyai kualitas yang tahan lama. Karena dengan ini akan terjadi penghematan, baik dalam sisi pembelian juga akan mengurangi sampah dari barang-barang yang mudah rusak tersebut
  2. Cari pembungkus atau barang-barang yang bebas dari racun-racun yang berbahaya
  3. Ciptakanlah barang-barang yang membutuhkan sedikit bahan baku, tapi mempunyai ketahanan dan penghematan yang bagus
  4. Tutup selalu pintu kulkas, matikan lampu pada waktu siang hari, matikan komputer yang tidak dipergunakan. Hematlah energi yang semakin langka.

REUSE

  1. Perbaiki barang-barang yang rusak kalau memungkinkan, hindari langsung membeli dengan yang baru dan membuang yang lama
  2. Memperbaiki lebih baik daripada mendaur ulang, karena tidak perlu melewati proses konversi ataupun produksi lagi.
  3. Gunakan halaman belakang dari kertas fotokopi yang tidak dipergunakan / salah untuk memfotokopi hal-hal yang tidak penting
  4. Gunakan kembali kantong plastik bekas belanjaan sebagai kantong tempat sampah ataupun kantong pembungkus lainnya

RECYCLE

  1. Daur ulang apa saja yang sekiranya bisa didaur ulang kembali, seperti koran bekas, plastik bekas, ataupun ban bekas
  2. Ciptakan hal-hal kreatif lainnya yang bermanfaat dari barang-barang bekas tersebut, guna mengurangi semakin menggunungnya tumpukan sampah yang ada di bumi ini, dan juga untuk mengurangi penggunaan segala jenis bahan baku dari hal-hal yang bisa didaur ulang tersebut, yang kita tahu semua semakin langka dan susah untuk didapatkannya
  3. Pergunakan kembali botol-botol bekas, untuk dipergunakan sebagai botol-botol saos / kecap / minyak goreng
  4. Gunakan kembali plastik bekas, ban bekas untuk membuat barang-barang yang terbuat dari plastik / ban bekas tersebut

Kampanye diatas tidaklah akan ada artinya, tanpa peran serta partisipasi kita semua, sebagai salah satu penghuni BUMI yang semakin uzur umurnya ini. Jangan sampai anak cucu kita kelak tidak bisa menikmati apa yang kita nikmati saat ini, karena kecerobohan dan ketidak pedulian kita semua akan segala sesuatu hal yang tidak bisa diperbaruhi ataupun membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkannya (seperti : minyak bumi, hutan tropis, sumber daya alam, dll)

Mari kita selamatkan bumi ini, dan terus kita galakkan 3 R dilingkungan terkecil kita, yaitu diri kita sendiri, yang kemudian bisa meluas ke dalam keluarga kita, tetangga kanan-kiri, RT, RW, Kelurahan dan seterusnya. Insya Allah Bumi tempat kita tinggal ini akan menjadi tempat yang akan semakin baik, dan akan selalu lebih baik lagi. Amin.

Picturetributeto:http://stoner.eps.mcgill.ca/Images/earth_for_ESS.jpg


TAGS


-

Author

Search

Recent Post