Java Training : Hari Pertama

8 Apr 2008

322px-java-logosvg-1.pngHari Senin, tanggal 7 April 2008 kemarin, tepatnya pukul 16.00 WIB adalah awal dimulainya rangkaian training Java di pasar tempatku mencari sesuap nasi dan segenggam berlian. Inhouse training yang rencananya akan dilaksanakan setiap hari Senin, Rabu dan Jumat ini mendatangkan trainer dari luar kantor, yang kononmerekasemuanyarata-ratatelah berpengalaman makan asam garamnya dunia per-java-an.

Training inimerupakankebijakandariKomendanJendraldaripasaryang bertujuan untuk rencana dilakukannya migrasi seluruh engine yang ada dibalik layar portal berita terupdate di Indonesia ini ke dalam dunia java. Benar-benar mega project yang luar biasa besar, dimana semua penjual yang ada di pasar ini harus bisa menguasai java dalam waktu 2 bulan kedepan ! Mantab !!

Di hari pertama training kemarin, diisi oleh Endy Muhardin, dari Artivisi.com, yang memberikan materi tentang dasar-dasar Java, Inversion of Control (IOC) Container dan Aspect Oriented Programming (AOP) Framework. Dasar-dasar java aja masih sangat awam buat aku, ditambah lagi dengan IOC dan AOP. Wah wah .. harus tetap semangat nih !!

Training pun berlangsung dengan khidmat, tenang, tanpa terjadi gejolak disana-sini, karena hampir semua peserta training masih disibukan dengan proses instalasi kebutuhan dasar dari java (termasuk juga diriku) atau pada sibuk mengejar deadline yang “kalo bisa dikerjain detik ini, kenapa harus nanti ?”.

Kebutuhan-kebutuhan dasar yang wajib ada di laptop / komputer masing-masing peserta adalah :

- Java Development Kit (JDK)
- ANT
- Tomcat
- Java Editor (aku menggunakan Netbeans 6.0)
- Glassfish Frameworks
- Spring Frameworks + Plugin for Netbeans

Dikarenakan java yang ada di travelmateku ini adalah bawaan dari Fedora, yang mempunyai label IceTea Java, maka dengan terpaksa semuanya harus di install ulang yang dari SUN disini, biar tidak terjadi trouble dikemudian hari dikarenakan kompatibilitas serta demi keseragaman dengan peserta yang lainnya.

Makin banyak aja nih tasklist yg ada di agenda-coding-ku untuk segera diselesaikan secepatnya. Doain ya semoga saja semuanya bisa tercapai secepatnya dan tepat waktu. Amin. ;)


TAGS


-

Author

Search

Recent Post