Java atau Ruby ?

18 Mar 2008

javarails.jpgAkhir-akhir ini, di pasar tempat aku sehari-hari mencari sesuap nasi dan segenggam berlian sedang terjangkit 2 buah virus dalam stadium akut. Virus tersebut bukanlah Flu Burung ataupun Demam Berdarah yang memang sedang mewabah akhir-akhir ini, tapi virus yang aku maksud diatas adalah virus Pemrograman Java dan Pemrograman Ruby.

Apa sih Java dan Ruby itu ? Berikut ini sejarah dan sedikit informasi yang berhasil di himpun dari id.wikipedia.org

Sejarah Java
Bahasa pemrograman Java yang pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.

Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai “*7″ (Star Seven).

Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto. Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.

Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java. Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemeritaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995.

Sayang terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape. Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja “bapak java”, James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi “Java”. Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.

Sejarah Ruby
Ruby pertama kali dibuat oleh seorang programmer Jepang bernama Yukihiro Matsumoto. Pada tahun 1993 Yukihiro ingin membuat sebuah bahasa pemrograman scripting yang memiliki kemampuan orientasi obyek. Pada saat itu pemrograman berorientasi obyek sedang berkembang tetapi belum ada bahasa pemrograman scripting yang mendukung pemrograman obyek.

Penulisan Ruby dimulai pada Februari 1993 dan pada Desember 1994 dirilis versi alpha dari Ruby. Pada awal perkembangan Ruby, Yukihiro menulis Ruby sendiri sampai pada tahun 1996 sudah terbentuk komunitas Ruby yang banyak mengkontribusikan perkembangan Ruby.

Saat ini Ruby telah berkembang tidak hanya di Jepang, tetapi diseluruh dunia. Bulan Agustus tahun 1996, Macintosh telah melakukan kerja sama dengan mengintegrasikan Ruby on Rails pada Mac OS X v10.5 Leopard yang akan diluncurkan bulan Oktober 2007. Ruby yang biasa disingkat dengan RoR dikembangkan dengan pola Model-View-Controller (MVC). Ruby juga dapat diterapkan pada teknologi Asynchronous JavaScript dan XML (AJAX).

Salah satu prinsip utama yang melandasi cara kerja RoR ialah Dont repeat yourself (DRY). Dengan prinsip kerja ini, informasi yang dimasukkan tidak akan tumpang-tindih, karena hanya akan ditempatkan pada satu lokasi. Pada penggunaan ActiveRecord, misalnya, pengelola web tidak perlu membuat kolom kategori yang spesifik. Karena, Ruby yang akan memasukkannya ke dalam database. Dengan ciri DRY yang dimilikinya, RoR seringkali dikenal sebagai opinionated software atau perangkat lunak yang dapat memberi opini. Ruby on Rails terdiri dari beberapa macam, yaitu: Active Record, Action Pack, Active Support, Action Mailer, dan Action Web Service.

Nah .. sekarang kira-kira aku akan ikut-ikutan terjangkit virus yang manakah ?
Apakah Java dengan J2EE, J2ME plus Glassfish-nya yang powerfull ? ataukah Ruby dengan Rails-nya yang sangat keren dan simple itu ?

Tapi kok rasa-rasanya aku lebih ingin belajar tentang Enterprenuership dan Management Bisnis yah...hehehehe ;)


TAGS


-

Author

Search

Recent Post