BKPRMI, sebuah komunitas remaja ditengah era globalisasi

3 Mar 2008

ali-yudhiapr.jpgKebetulan hari minggu kemaren (2 Maret 2008), aku mendapatkan kesempatan untuk ‘alan-jalan ke ibu kota propinsi Sulawesi Selatan, Makassar, yang dulunya sempat menggunakan nama Ujung Pandang, bersama dengan Bang Ali Mocthar Ngabalin, abang serta tauladanku didalam kepemimpinan, kemandirian, keteguhan serta integritas dia yang luar biasa tiada bandingnya. Terutama didalam mengemban sebuah amanat “Amar Makruf Nahi Munkar” ditengah2 budaya KKN yang semakin menggila dan membudaya di negeri tercinta ini.

Perjalananku kali ini ke Makassar adalah dalam rangka menghadiri Rapimwil BKPRMI Sulawesi Selatan, sekaligus pematangan rencana untuk Rakernas BKPRMI yang akan diadakan di kota yang sama pertengahan bulan ini juga (hopefully i can attendance to there again … hehehe).

Loh kok bisa ikutan BKPRMI segala, apa itu BKPRMI ? apa pulak rapimwil dan rakernas itu ?
Oke, aku berikan sedikit informasi mengenai istilah2 diatas dan bagaimana kok bisa nyemplung kesana dan terlibat dalam kegiatan2nya.

BKPRMI, adalah singkatan dari “Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia”, konon dulunya disebut sebagai BKPMI alias “Badan Komunikasi Pemuda Masjid Indonesia”. BKPRMI ini telah menelurkan ratusan ribu, atau bahkan jutaan alumnusnya se Indonesia, yang sampai saat ini telah tersebar di berbagai macam posisi serta jabatan yang benar-benar menentukan jalan hidupnya sebuah roda pemerintahan. Bolehlah kalo saya sebut antara lain : sebagai camat, bupati, pengusaha, polisi, menteri, anggota DPR, DPRD, hingga sampai orang nomor 2 di negeri ini, yakni Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan tentu saja Bang Ali Mocthar Ngabalin merupakan alumnus serta Ketua Umum BKPRMI periode kali ini.;)

Sedangkan untuk Rapimwil dan Rapimnas BKPRMI, itu adalah singkatan dari “Rapat Pimpinan Wilayah” dan “Rapat Pimpinan Nasional”. Dari namanya saja kita sudah tahu, kalau yang pertama itu adalah setingkat wilayah (propinsi), sedangkan yang terakhir adalah bersifat nasional (seluruh Indonesia) yang akan menghadirinya.

Dan di Rapimwil BKPRMI yang telah diadakan minggu kemarin dan Rapimnas & Temu Alumni BKPRMI yang akan datang ini, diharapkan akan semakin memupuk semangat kekeluargaan, gotong royong, toleransi serta ukhuwah Islamiyah diantara alumni, kader ataupun laskar BKPRMI yang tersebar hampir diseluruh pelosok negeri ini, sampai kedalam daerah yang terpencil sekalipun.

Diharapkan para kader serta para alumni BKPRMI yang ada saat ini, bisa menjadi seorang pemimpin yang Adil, Patuh dan Taat terhadap perintah dan larangan dari Allah swt semata. Bukannya kepada partai politik ataupun golongannya. Karena hanya pemimpin yang patuh dan taat kepada Allah-lah yang akan membawa siapapun, tanpa memandang suku, agama, ras ataupun golongan kedalam kemakmuran serta kesejahteraan yang adil dan merata.

Semoga di Rapimnas & Temu Alumni BKPRMI yang akan mendatang ini, bisa menghasilkan keputusan-keputusan yang benar-benar bermanfaat untuk seluruh umat dan golongan, khususnya untuk pemuda dan remaja masjid. Amin.


TAGS


-

Author

Search

Recent Post